Salah satuciritertentumasabayimerupakancirikhas yang
membedakannyadenganperiode-periode lain dalamrentangkehidupan,demikian pula
halnyadenganciritertentudariperiodeawalmasakanak-kanak.
Ciriinitercermindalamsebutan yang biasanyadiberikanolehpara orang
tuapendidikdanahlipsikologi.
Sebutan yang
digunakan orang tua
Sebagianbesar orang tuamengganggapawalmasakanak-kanaksebagaiusia
yang mengundangmasalahatauusiasulit. Masabayiseringmembawamasalahbagi orang
tuadanumumnyaberkisarpadamasalahperawatanfisikbayi.Dengandatangnyamsakanak-kanak,seringterjadiperilaku
yang lebihmenyulitkandaripadamasalahperawatanfisikmasabayi. Alas an
mengapamasalahperilakuseringterjadidiawalmasakanak-kanakialahkarnaanak-anakmudahsedangdalam
prosespengembangankepribadian yang unikdanmenuntutkebebasan yang
padaumumnyakurangberhasil,anak-anaklebihmudahsering kali
bandelkeraskepalatidakmenurutnegativistisdanmelawansering kali
marahtanpaalasanpadamalamharitergangguolehmimpiburukdanpadasianghariada rasa
takutdantidakrasional,danmerascemburu.
Sering kali orang
tuamengganggapmasaawalkanak-kanaksebagaiusiamainankarnaanakmudamenghabiskansebagianbesarwaktujugabermaindenganmainannya.
Sebutan yang
digunakanparapendidik
Para
pendidikmenyebuttahunawalmasakanak-kanaksebagaiusiaprasekolahuntukmembedakannyadarisaatdimanaanakdianggapcukuptua,
baiksecarafisikdan mental,
untukmenghadapitugas-tugaspadasaatmerekamemulaimengikutipendidikan formal
Sebutan yang
digunakanparaahlipsikologi
Para ahlipsikologimenggunakansejumlahsebutan yang
berbedauntukmenguraikanciri-ciri yang
menonjoldaripsikologianakselamatahun-tahunawalmasakanak-kanaksebutan yang
banyakdigunakanadalah
-usiakelompok, mempelajaridasar-dasar social ataukehidupan social
-usiamenjelajah, sebuah label yang
menunjukanbahwaanak-anakinginmengetahuikeadaanlingkungannya.
-usiabertanya, yang paling
menojoldalampriodeiniadalahmenirupembicaraandantindakan orang lain
-usiameniru, cendrungtanpakuattetapianaklebihmenunjukankreatifitasdalambermaindalammasakanak-kanak.
TUGAS DALAM PERKEMBANGAN PADA AWAL MASA KANAK-KANAK
Padasaatmasabayiberakhir, bayi
normaltelahbelajarberjalanmeskipundalamtingkatkecakapan yang
berbeda-bedatelahbelajarmakanmakanan yang
kerasdanmencapaitingkatstabilitasfisiologis yang cukupbaik.
Merekamempunyaipengertiansederhanamengenaikenyataan social
danfisik, demikian pula
halnyapengertiantentangbenardansalahpengetahuantentangbenardansalahmasihterbatasatauhubungannyadengan
orang-orang diluarrumahterutamadilingkungantetangga, sekolahdantemanbermain.
PERKEMBANGAN FISIK PADA AWAL MASA KANAK-KANAK
Tinggiadalah,
pertambahantinggibadansetiaptahunnya rata-rata
tigainci,padausiaenantahuntinggianak rata-rata 46,8 inci
Beratadalah , pertambahanberatbadansetiaptahunnya
Perbandingantubuhadalah,
tubuhsangatberubahpenampilanbayitidaktampaklagi
,dangumpalantubuhberangsu-angsurberkurang , danperut rata-rata
tidakbuncitdanbahulebihluas, tangandan kaki tumbuhlebihbesar.
Posturtubuhadalah,perbedaandalampostortubuhuntukpertamakalitampakjelaspadaawalkanak-kanak,
ada yang posturtubuhnyagemuklembek , ada yang kuatberotot , da nada lagi yang
relative kurus
Tulangdanototadalah,tingkatpenggeseran,
ototlebihmembesarlebihkuatdanlebihberat
Lemakadalah,
anak-anak yang
cenderungbertumbuhendomofiklebihbanyakjaringanlemaknyadaripadajaringanotot
Gigi adalah,
selamaempatdanenambulanpertamadariawalmasakanak-kanak,empatgigibayi yang terakhirgerahambelakangmuncul.
Perkembagan fisik
Pertumbuhan pd awal masa kanak-kanak berlangsung lambat
dibandingkan dgn tingkat pertmbuhan masa bayi pada pertumbuhan yg relatif
seimbang meskipun terdapat perbedaan
musim bulan juli sampai pertengahan desember merupakan saat terbaik untuk
meningkatkan berat badan dan untuk meningkatkat tinggi tubu.
Awal masa kanak-kana
bentuk tubuh
ektomorf
bentuk tubu
mesomorfik
bentuk tubuh
endomofik
Keterampilan khusus awal masa kanak-kana
keterampilan tangan
keterampilan kaki
Kemajuan berbicara dalam awal masa kanak-kanak
peningkatan dalam
pengertian
Untuk bisa
mengerti atau dapat berkomunikasi dengan orang lain dan ia harus mengerti yang
dibicarakan orang lain
meningkatkan dalam
keterampilan berbicara
yaitu mengucapkan kata-kata, menambah kosa kata, membentuk kalimat
faktor-faktor yang
mempengaruhi banyaknya anak berbicara
intelegensi
disiplin
besarnya keluarga
status sosial
ekonomi
status ras
berbahasa dua
penggolongan
peran-seks
emosi umum pada
awal masa kanak-kanak
amarah, adalah
palinng umum mengenai permainan
takut, adalah
pembiasaan atau peniruan dan ingatan tentang pengalaman yg kurang menyenagkan
dan menimbulkan rasa takut
cemburu, adalah bila
ia mengira bawah minat atau perhatian orang tua beralih kpd orang lain atau
keluarga
ingin, adalah anak
mempunyai rasa ingin tau terhadap hal-hal yang baru dilihatnya, juga mengenai
tubuhnya dan tubuh orang lain
iri hati, adalah
mengenai kemampan atau barang yang dimiliki orang lain
gembira, adalah anak
yang merasa gembira karena sehat,bencana yang rinngan, membohongi org lain atau
tugas yg dianggap sulit berhasil
sedih, adalah
kehilangan segala sesuatu yg dicintai atau dianggap penting bagi dirinya, mis
binatang atau mainan spt boneka
kasih sayang, adalah
belajar mencintai orang,atau binatang dan benda yang menyenaangkanya
pola prilaku
sosial dan tidak sosial
pola sosial
• meniru
• persaingan
• kerjasama
• sipmpati,empati
• dukungan sosial
• membagi
pola tidak sosial
• negatif
• agresif
• prilaku berkuasa
• memikirkan diri
sendiri
• merusak
• pertentangan sek
• prasangka
The Sands Casino | Southeastern Louisiana's Premier Gaming
BalasHapusThe Sands Casino in Southeastern Louisiana's Premier Gaming District is an enterprise 메리트 카지노 쿠폰 of the Eastern 샌즈카지노 Band of the Louisiana 제왕 카지노 Band of the Luiseno